GRID_STYLE
TRUE

Breaking News

latest

Advertisement

8 Fobia Paling Aneh dan Melemahkan

Ada sebagian orang yang kehidupannya hampir dilemahkan oleh ketakutan mereka sendiri. Halo Sobat Opedi, kali ini Opedi hadir membawa...

    daftar, opedi, fobia, paling, aneh, melemahkan, onepedia
    Ada sebagian orang yang kehidupannya hampir dilemahkan oleh ketakutan mereka sendiri.
    Halo Sobat Opedi, kali ini Opedi hadir membawa daftar yang telah Opedi siapkan khusus untuk Sobat tentang 8 fobia yang paling aneh dan melemahkan versi Opedi. Untuk fobia itu sendiri Opedi yakin sudah sangat akrab di telinga Sobat. Kita semua mungkin menderita salah satu atau dua dari fobia kecil yang ada di bumi ini, tetapi ada sebagian orang yang kehidupannya hampir dilemahkan oleh ketakutan mereka sendiri. Daftar di bawah ini menunjukkan delapan fobia yang paling tidak biasa yang menimpa orang-orang di zaman modern ini. Jika Sobat menderita salah satu dari fobia dalam daftar ini, Sobat bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar yang sudah disediakan. Inilah dia daftar 8 fobia paling aneh dan melemahkan versi Opedi.

    8. Mageirocophobia - Takut Memasak
    Klik buka untuk melihat gambar:
    Jika Sobat menemukan seseorang yang takut memasak berarti Sobat telah bertemu dengan salah seorang penderita Mageirocophobia. Istilah fobia tersebut berasal dari kata Yunani yang berarti orang yang terampil dalam memasak. Gangguan ini dapat melemahkan dan berpotensi menyebabkan makan yang tidak sehat jika salah satu dari penderita fobia ini tinggal sendirian. Penderita mageirokos dapat merasa sangat terintimidasi oleh orang-orang yang ahli dalam memasak. Intimidasi dan perasaan tidak mampu ini mungkin adalah akar penyebab dari gangguan bagi banyak orang. Jika Sobat menderita mageirokos cobalah untuk belajar memasak bisa melalui internet maupun buku tentang resep masakan. Fobia ini Opedi tempatkan di posisi 8. Walaupun terbilang aneh dan melemahkan fobia ini dapat disembuhkan dengan cara belajar memasak.

    7. Agyrophobia - Takut Menyeberangi jalan
    Klik buka untuk melihat gambar:
    Agyrophobia - One Pedia
    Agyrophobics adalah mereka yang fobia terhadap jalan-jalan persimpangan, jalan raya, atau bahkan takut kepada jalan raya itu sendiri. Hal ini tentu saja membuatnya akan sangat sulit untuk hidup nyaman di kota modern ini. Kata gyrus berasal dari Yunani yang berarti memutar atau berputar-putar seperti fobia yang menghindari pusaran lalu lintas. Fobia ini Opedi tempatkan di posisi 7 karena meski terbilang aneh dan menurut Sobat pantas ditempatkan di posisi lebih atas fobia ini tidak terlalu melemahkan karena si penderita bisa saja tinggal di jauh dari wilayah perkotaan.

    6. Pediophobia - Takut Boneka
    Klik buka untuk melihat gambar:
    Pediophobia - One Pedia
    Pediophobia adalah ketakutan yang tidak masuk akal terhadap boneka. Tidak hanya boneka yang menakutkan melainkan SEMUA boneka. Sebenarnya, rasa takut ini adalah sebuah ketakutan akan "representasi palsu makhluk hidup" sehingga penderita fobia ini biasanya mencakup kepada robot dan boneka. Jangan salah mengartikan, fobia ini berbeda dengan Pedophobia atau pediaphobia yang berarti takut akan anak-anak. Sigmund Freud percaya gangguan ini dapat muncul dari rasa takut akan boneka yang menurut bayangannya akan datang ke dalam hidupnya. Fobia ini berada di posisi 6 dengan keanehan yang cukup melemahkan bagi penderitanya. Dimanapun dan kapanpun akan sangat memungkinkan bagi mereka untuk mendapatkan berjumpa dengan boneka.

    5. Demonophobia - Takut Makhluk Ghaib/Setan
    Klik buka untuk melihat gambar:
    Demonophobia - One Pedia
    Demonophobia adalah ketakutan yang tidak normal dan terus-menerus dari sosok makhluk gaib jahat. Mereka percaya bahwa makhluk seperti itu ada dan berkeliaran dengan bebas untuk membuat kerusakan. Mereka yang menderita fobia ini sadar akan ketakutan mereka yang berlebihan atau tidak rasional. Namun demikian, mereka menjadi terlalu cemas ketika membahas soal setan, ketika menjelajah sendirian ke hutan atau rumah yang gelap, atau ketika menonton film horror dan eksorsisme. Penderita ini akan merasa aman dengan mengalungkan bawang putih atau jimat di leher mereka, sampai kepada membawa pistol dengan peluru perak. Takut akan setan sudah menjadi hal yang biasa kita temui bahkan kita sendiri pun sering merasakannya namun rasa takut ini sangat melemahkan dan dapat memicu trauma sehingga Opedi menempatkannya di posisi ke-5.

    4. Eisoptrophobia - Takut Cermin
    Klik buka untuk melihat gambar:
    Eisoptrophobia - One Pedia
    Inilah fobia yang paling menyesatkan dimana penderita akan menjadi takut bercemin. Bayangkan jika kita takut bercermin? Tidak ada pembenahan diri kita agar terlihat lebih baik di mata orang lain. Tentu hal ini akan mengganggu performa mereka yang menderita fobia ini. Eisoptrophobia secara lebih khusus diartikan dengan takut akan kontak dengan dunia spiritual yang kemudian memasukkannya ke dalam kontak tersebut melalui cermin. Penderita mengalami kecemasan yang tidak semestinya meskipun mereka menyadari ketakutan mereka adalah irasional. Karena ketakutan mereka sering didasarkan pada takhayul. Lain ceritanya jika ketakutan melihat cermin ini disebabkan karena takut melihat sesuatu hal yang mengerikan di belakang kita, mungkin untuk ketakutan yang seperti ini adalah bentuk minor dari Eisoptrophobia. Cukup aneh dan melemahkan sehingga Opedi menempatkan Eisoptrophobia di urutan ke-4.

    3. Pentheraphobia - Takut Ibu Mertua
    Klik buka untuk melihat gambar:
    Pentheraphobia - One Pedia
    Dari semua fobia pada daftar ini, pentheraphobia mungkin yang paling umum. Kenapa dikatakan umum? Karena ketakutan ini diakui oleh sebagian besar masyarakat yang pernah mengalaminya ketika sudah berkeluarga sehingga sering dimunculkan dalam bentuk film dan bentuk hiburan lainnya. Dari sekian banyak terapi yang tersedia untuk penyakit ini, perceraian tampaknya menjadi yang paling populer. Fobia yang berkaitan dengan pentheraphobia adalah novercaphobia yang takut akan ibu tiri. Penderita yang paling terkenal di antaranya adalah Cinderella. Meski umum terjadi di kalangan masyarakat fobia ini menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya perceraian yang melemahkan semua pihak, baik kedua pasangan, orangtua, dan anak. Hubungan di antara mereka pun jadi terganggu, untuk itu Opedi menempatkannya di posisi ke-3.

    2. Cathisophobia - Takut Duduk
    Klik buka untuk melihat gambar:
    Cathisophobia - One Pedia
    Cathisophobia (kadang-kadang dieja dengan 'k') adalah teror duduk. Kelainan ini dapat dipicu oleh kasus wasir yang sangat jahat tetapi dalam beberapa kasus serius dapat disebabkan oleh kekerasan fisik yang berkaitan dengan duduk di benda tajam atau menyakitkan. Terkadang, rasa takut duduk adalah karena beberapa hukuman pada hari-hari sekolah, atau mungkin merupakan indikasi dari beberapa fobia lainnya seperti duduk di depan orang-orang elit dan berpengaruh. Cathisophobia ditandai dengan berkeringat, napas yang berat atau pendek, dan kecemasan. Capek ya kalau dituntut untuk terus berdiri jadi dengan keanehan dan kelemahan yang dialami si penderita Opedi menempatkannya di urutan ke-2.

    1. Scopophobia - Takut Dilihat Orang
    Klik buka untuk melihat gambar:
    Scopophobia - One Pedia
    Inilah dia fobia yang paling aneh dan sangat membuat tidak nyaman. Tidak main-main bahkan si penderita fobia ini akan merasa ketakutan intens pada orang yang menatapnya. Kita hidup di antara banyak orang dan bukan hal yang mustahil jika mereka menatap kita, terlebih jika penderita mengalami rasa takut jika dilihat orang sehingga semakin menyita perhatian banyak orang di sekitarnya. Mereka dengan fobia ini cenderung menghindari tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan. Manusia sendiri sering dikaitkan dengan istilah makhluk sosial dimana di antara sesama manusia itu sendiri memerlukan interaksi. Hal ini akan menjadi sangat sulit sepertinya bagi penderita scopophobia untuk meneruskan petualangan hidupnya.

    Itulah 8 fobia paling aneh dan melemahkan bagi penderitanya versi Opedi. Bagaiamana? Apakah Sobat termasuk ke dalam salah satunya? Atau ada fobia yang Sobat rasa lebih aneh dan melemahkan lagi? Berikan tanggapan Sobat melalui kolom komentar yang telah Opedi sediakan di bawah. Untuk perhatiannya Opedi ucapkan terimakasih. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Opedi sekalian.

    Tidak ada komentar

    Opedi memerlukan kritik dan saran dari sobat Opedi demi kelangsungan blog ini.
    Buat yang sekadar ingin komentar dipersilahkan.
    Budidayakan berkomentar dengan perkataan yang baik.

    Advertisement