GRID_STYLE
TRUE

Breaking News

latest

Advertisement

Siapa Penemu Internet?

ARPANET mengadopsi TCP/IP pada tanggal 1 Januari 1983, dan dari sana para peneliti mulai merakit "network of network" yang me...

    ARPANET mengadopsi TCP/IP pada tanggal 1 Januari 1983, dan dari sana para peneliti mulai merakit "network of network" yang menjadi Internet modern.
    Halo Sobat Opedi, senang bisa kembali menyapa. Pada kesempatan kali ini Opedi akan berbagi informasi yang mungkin dapat menjawab pertanyaan Sobat mengenai siapa penemu Internet di dunia ini. Oke, tanpa banyak basa-basi simak yang berikut ini.

    Seperti yang mungkin Sobat harapkan, untuk teknologi yang begitu luas dan selalu berubah, adalah mustahil untuk memberikan kredit penemuan Internet kepada satu orang. Ya, internet adalah karya puluhan ilmuwan perintis, programmer dan insinyur yang masing-masing dari mereka mengembangkan fitur dan teknologi  baru yang akhirnya bergabung menjadi "superhighway information" yang kita kenal sekarang.

    Jauh sebelum teknologi mendukung dalam pembangunan Internet, banyak ilmuwan telah mengantisipasi adanya jaringan informasi di seluruh dunia. Nikola Tesla bermain-main dengan gagasan "sistem nirkabel dunia" di awal 1900-an, dan pemikir visioner seperti Paul Otlet dan Vannevar Bush yang telah memahami mekanik, sistem yang dapat melakukan pencarian pada penyimpanan buku dan media di tahun 1930-an dan 1940-an. Namun, skema praktis pertama untuk Internet tidak akan tiba sampai awal 1960-an, ketika MIT JCR Licklider mempopulerkan ide tentang "Jaringan intergalaksi" komputer. Tak lama kemudian, ilmuwan komputer mengembangkan konsep "packet switching ," metode transmisi data elektronik secara efektif yang nantinya akan menjadi salah satu blok bangunan utama dari Internet.

    Prototipe pertama yang bisa diterapkan pada Internet datang pada akhir tahun 1960 dengan penciptaan ARPANET yang memiliki kepanjangan Advanced Research Projects Agency Network. Awalnya didanai oleh Departemen Pertahanan AS, ARPANET menggunakan packet switching untuk memungkinkan beberapa komputer untuk berkomunikasi pada jaringan tunggal. Teknologi ini terus tumbuh pada 1970-an setelah para ilmuwan Robert Kahn dan Vinton Cerf mengembangkan Transmission Control Protocol dan Internet Protocol , atau TCP/IP, sebuah model komunikasi yang menetapkan standar untuk bagaimana data dapat ditransmisikan antar beberapa jaringan. ARPANET mengadopsi TCP/IP pada tanggal 1 Januari 1983, dan dari sana para peneliti mulai merakit "network of network" yang menjadi Internet modern. Dunia online kemudian mengambil bentuk yang lebih dikenal di tahun 1990, ketika ilmuwan komputer Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web. Meskipun sering membingungkan dengan internet itu sendiri, web sebenarnya sekadar cara yang paling umum untuk mengakses data secara online dalam bentuk website dan hyperlink. Web membantu mempopulerkan Internet di kalangan masyarakat, dan sebagai langkah penting dalam mengembangkan harta karun” informasi yang mungkin kebanyakan dari kita sekarang mengaksesnya setiap hari
    .

    Kesimpulan dari penjelasan di atas adalah bahwa penemu internet tidak bisa dikreditkan kepada spesifik personal, melainkan kelompok yang personal di dalamnya saling mendukung sehingga terciptanya sebuah jaringan global yang biasa kita sebut dengan sebutan internet. Bagaimana? Sudah terjawab bukan? Sekian dulu artikel dari kami, semoga bermanfaat.

    Tidak ada komentar

    Opedi memerlukan kritik dan saran dari sobat Opedi demi kelangsungan blog ini.
    Buat yang sekadar ingin komentar dipersilahkan.
    Budidayakan berkomentar dengan perkataan yang baik.

    Advertisement