GRID_STYLE
TRUE

Breaking News

latest

Advertisement

Dari Mana Asal-usul Simbol "@"?

Saya kebanyakan mencari simbol yang tidak banyak digunakan.  Halo Sobat Opedi, senang rasanya dapat menyapa kembali. Terimakasih kar...

    Saya kebanyakan mencari simbol yang tidak banyak digunakan. 
    Halo Sobat Opedi, senang rasanya dapat menyapa kembali. Terimakasih karena Sobat sudah berkunjung  ke blog ini. Kali ini Opedi ingin berbagi informasi mengenai sejarah tentang symbol “@” yang sering Sobat pakai dalam penulisan email atau juga sebagai pengganti kata “masing-masing”. Sudah tak asing lagi memang, namun tahukah Sobat? Ternyata ada sesuatu yang terkandung dalam symbol “@” tersebut. Apa ya kira-kira? Ingin tahu? Yuk langsung saja di simak yang di bawah ini.

    Symbol “@” memiliki banyak sebutan ternyata di berbagai Negara. Negara Italia menyebutnya "snail " sementara oleh bangsa Belanda symbol ini disebut "monkey tail". Masuk akal memang mengingat symbol tersebut menyerupai bentuk cangkang siput dan juga ekor kera yang melingkar. Simbol @ merupakan sine qua non dari komunikasi elektronik , digunakan untuk mengarahkan kepada alamat e-mail dan Twitter. Simbol @ bahkan telah dilantik ke dalam koleksi permanen di Museum of Modern Art , yang dikutip sebagai contoh penggunaan modern "keanggunan, ekonomi, transparansi intelektual, dan pengarahan kepada arah kemungkinan masa depan yang tertanam dalam seni waktu kita."

    Asal usul simbol itu sendiri (salah satu karakter paling anggun pada keyboard) adalah sesuatu yang misteri. Satu teori adalah bahwa ada seorang biarawan pada abad pertengahan sedang mencari singkatan ketika sedang menyalin naskah. Singkatan itu dimaksudkan untuk mengartikan kata Latin -ad-“ yang berarti “menuju”. “-ad- untuk a dengan bagian belakang d sebagai ekor. Atau berasal dari kata Perancis -à-“ yang berarti “di” atau dalam bahasa Perancis “at” disingkat. Pada saat itu pembuatan singkatan dibuat seefisien mungkin dengan sedikit menghapus goresan goresan pena di sekitar bagian atas dan samping. Simbol ini kemudian berkembang dari sebuah singkatan dari kata “masing-masing” atau dalam bahasa inggris “each at” sehingga “a” pada kata “at” dibungkus oleh “e” pada kata “each”. Penggunaan pertama didokumentasikan pada tahun 1536, dalam sebuah surat oleh Francesco Lapi, seorang pedagang Florentine. Simbol tersebut ia gunakan untuk menunjukkan setiap unit @ anggur amphorae , yang dikirim dalam stoples tanah liat besar.

    Simbol “@” kemudian mengambil peran bersejarah dalam perdagangan. Pedagang telah lama menggunakannya untuk menandakan "at rate of" seperti 12 unit @ $1 (dibaca total harga adalah $12, bukan $ 1). Namun, pada mesin ketik pertama yang dibuat pada pertengahan 1800-an simbol @ belum tersedia. Demikian juga , @ tidak termasuk di antara array simbolis dari sistem awal tabulasi punch-card (pertama kali digunakan dalam pengumpulan dan pengolahan sensus penduduk Amerika tahun 1890) yang merupakan perintis pemrograman komputer .

    Ketidakjelasan simbol ini berakhir pada tahun 1971, ketika seorang ilmuwan komputer bernama Ray Tomlinson sedang menghadapi masalah yang menjengkelkan tentang permasalahan cara menghubungkan orang-orang dalam pemrograman komputer satu sama lain. Pada saat itu, setiap programmer biasanya dihubungkan ke mesin mainframe tertentu melalui koneksi telepon dan mesin teletype dengan keyboard sederhana yang menyatu dengan printer . Namun komputer ini tidak terhubung satu sama lain, kemudian kelemahan tersebut diusahakan oleh pemerintah AS dengan menyewa BBN Technologies, Cambridge , Massachusetts , dan perusahaan Tomlinson bekerja , untuk membantu mengembangkan jaringan yang disebut Arpanet , pendahulu dari Internet .

    Pada saat itu, setiap programmer biasanya terhubung ke mesin utama melalui sambungan telepon dan mesin teletype, dengan keyboard yang masih sederhana dan printer yang menjadi satu. Akan tetapi komputer tidak terhubung satu sama lain, kemudian pemerintah AS berusaha untuk mengatasi kelemahan ini dengan menyewa BBN Technologies, Cambridge, Massachusetts perusahaan dimana Tomlinson bekerja, untuk membantu mengembangkan jaringan Arpanet (pendahulu internet).
    Tantangan Tomlinson adalah bagaimana mengirim pesan yang dibuat oleh satu orang dan dikirim melalui Arpanet dengan seseorang di komputer yang berbeda. Alamat membutuhkan nama seseorang, seperti nama pada komputer yang mungkin akan melayani banyak pengguna. Dan simbol yang memisahkan dua elemen alamat tidak siap digunakan pada penggunaan secara luas pada program dan sistem operasi saat itu.

    Tomlinson akhirnya memilih @, yang terletak di atas huruf “P” pada 33 Model teletype miliknya. "Saya kebanyakan mencari simbol yang tidak banyak digunakan," katanya kepada Smithsonian. "Dan tidak ada banyak pilihan tanda seru atau koma. Aku bisa saja menggunakan tanda samadengan, tapi itu tidak membuat banyak pengertian" Tomlinson memilih @. Menggunakan sistem penamaannya ia mengirimkan dirinya e-mail dengan menggunakan satu teletype di kamarnya melalui jaringan Arpanet dan kembali ke teletype berbeda di kamarnya.

    Tomlinson yang masih bekerja di BBN mengatakan dia tidak ingat apa yang ia tulis dalam e-mail pertama. Tapi itu cocok dengan pendapat Marshall McLuhan berpendapat, "Media adalah pesan." Karena dengan pesan itu, @ kuno yang pernah hampir usang telah menjadi pengikat simbolis sebuah revolusi dalam bagaimana manusia terhubung.

    Wah hebat sekali bukan perjalanan symbol @. Mulai dari diacuhkan masyarakat hingga menjadi penghubung masyarakat antar belahan dunia. Dan saat ini, tentu symbol ini sudah sangat popular karena sering digunakan dalam berbagai kesempatan dan keperluan. Bagaimana dengan sobat?
    Semoga artikel ini dapat menjadi manfaat bagi Sobat pembaca Blog Opedi, terimakasih sudah berkenan mampir.

    Tidak ada komentar

    Opedi memerlukan kritik dan saran dari sobat Opedi demi kelangsungan blog ini.
    Buat yang sekadar ingin komentar dipersilahkan.
    Budidayakan berkomentar dengan perkataan yang baik.

    Advertisement