GRID_STYLE
TRUE

Breaking News

latest

Advertisement

15 Cara Mudah untuk Mengalahkan Kecemasan atau Stress

15 Cara Mudah untuk Mengalahkan Kecemasan atau Stress - One Pedia. Kecemasan dan stres merupakan respon fisik dan emosional terhad...

    15 Cara Mudah untuk Mengalahkan Kecemasan atau Stress - One Pedia.

    tips, trik, mengatasi, cemas, stress, onepedia
    Kecemasan dan stres merupakan respon fisik dan emosional terhadap bahaya yang dirasakan  (yang tidak selalu nyata).
    TANDA KECEMASAN
    Secara teknis, kecemasan adalah kekhawatiran atas peristiwa yang akan datang. Terkadang kita mengantisipasi masa depan dengan prediksi menakutkan yang belum tentu memiliki dasar kebenaran. Dalam kehidupan sehari-hari, kecemasan adalah gejala fisik dan emosional yang dapat berarti peningkatan aktivitas jantung (bahkan serangan jantung), konsentrasi yang buruk di tempat kerja dan sekolah, dan masalah tidur.
    Kecemasan dan stres merupakan respon fisik dan emosional terhadap bahaya yang dirasakan  (yang tidak selalu nyata). Sering kali hal-hal kecil yang menghadapkan kita pada masalah seperti: kotak masuk email yang over-loaded, jam sibuk di pagi hari, atau kehilangan kunci saat ingin berjalan keluar pintu. Untungnya, sangat mudah untuk mengalahkan stres semacam ini. Hanya dengan beberapa perubahan mudah yang bisa sobat tambahkan dalam kehidupan sobat sepanjang hari untuk mengatasinya.
    Catatan: Jika Sobat merasa seperti berurusan dengan gangguan kecemasan serius, berbicaralah dengan seorang profesional medis tentang pengobatan. Ada banyak pilihan yang tersedia untuk mengelola gejala. Tetapi jika Sobat ingin mengurangi kecemasan dalam keseharian Sobat, di bawah ini ada 15 tips yang akan membuat Sobat menjadi lebih tenang dalam waktu singkat.

    1. Cukup tidur. Tidur tidak konsisten dapat menyebabkan beberapa konsekuensi serius. Tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik kita, namun kurang tidur juga dapat berkontribusi untuk kecemasan dan stres secara keseluruhan. Dan kadang-kadang berubah menjadi lingkaran setan, karena kecemasan sering menyebabkan gangguan dalam tidur. Terutama ketika merasa cemas, cobalah untuk menjadwalkan penuh tujuh sampai sembilan jam waktu tidur Sobat dan temukan apa yang Sobat dapat dan rasakan akibat dari kecukupan tidur yang Sobat praktekan ini.
    2. Tertawa. Ketika pekerjaan telah membuat kitabosan, mengambil waktu untuk beristirahat sebentar adalah ide yang baik untuk mendapatkan beberapa hiburan. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Ada banyak cara untuk mendapatkan hiburan ditengah kesibukan aktivitas Sobat, misalnya dengan mengobrol dengan rekan. Jika Sobat berada di antara orang-orang yang juga sibuk, menonton klip-klip lucu di YouTube bisa jadi pertimbangan untuk menenangkan saraf-saraf yang gelisah.
    3. Ciptakan ruang yang nyaman. Kekacauan fisik = kekacauan mental. Sebuah ruang kerja yang berantakan dapat membuat Sobat lebih sulit untuk bersantai dan membuatnya tampak seperti pekerjaan yang tak kunjung berakhir. Sempatkanlah waktu 15 menit atau lebih untuk merapihkan ruang tamu atau ruang kerja, dan kemudian membuat kebiasaan menjaga kebersihan dan kecemasan pun teratasi. Hal ini akan membantu kita berpikir rasional, dan tidak memberikan banyak ruang untuk kecemasan pada diri Sobat.
    4. Mengekspresikan rasa syukur.  Walau terlihat sepele hal ini ternyata juga efektif dalam mengatasi stress dan kecemasan. Sebuah studi telah menemukan bahwa mengekspresikan rasa syukur dapat membantu mengurangi kecemasan, terutama pada kondisi setelah kita beristirahat dengan baik. Mulailah mengekspresikan rasa syukur Sobat untuk mendapatkan apresiasi dalam pola pikir Sobat, dan keluar dari pola pikir Sobat yang kewalahan.
    5. Konsumsi makanan yang tepat. Kecemasan bisa melempar tubuh kita menjadi benar-benar rusak: Nafsu makan kita yang mungkin akan berubah, atau kita mungkin menginginkan makanan tertentu. Tetapi untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan bagi tubuh, cobalah makan lebih banyak makanan yang mengandung zat gizi seperti vitamin B dan omega-3, ditambah beberapa karbohidrat gandum yang sehat. Studi telah menemukan adanya hubungan vitamin B dengan kesehatan mental yang baik, dan omega-3 dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Karbohidrat gandum dapat membantu mengatur kadar serotonin, "perasaan baik" neurotransmitter yang membantu kita untuk tetap tenang. Dan meskipun apa yang kita idamkan mungkin mengatakan hal yang lain, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan manis dan olahan dapat meningkatkan gejala kecemasan.
    6. Bernapas dalam-dalam. Hal ini dapat sobat jadikan cara untuk mencegah serangan panik. Nafas juga merupakan penanda besar seberapa besar tingkat kecemasan Sobat di sepanjang hari. Napas pendek menandakan stres dan kecemasan di otak dan tubuh. Di sisi lain, secara sadar bernapas, memperpanjang dan memperkuat nafas dapat membantu mengirimkan sinyal ke otak untuk berpikir positif dan rileks.
    7. Meditasi. Saat ini kebanyakan dari kita telah mendengar meditasi santai, sejalan dengan itu para ilmuwan juga menemukan bahwa meditasi sebenarnya meningkatkan jumlah materi abu-abu di otak, pada dasarnya keterikatan tubuh terhadap stress akan berkurang. Sejumlah studi terbaru menyoroti efek positif dari meditasi pada kecemasan, suasana hati, dan gejala stres. Meditasi juga merupakan cara untuk mengamati otak, membiarkan kita mengetahui bagaimana pikiran kita menghasilkan rangsangan kecemasan pikiran. Dengan memahami pola pikir otak akan dapat membantu menciptakan ruang di antara pikiran Sobat.
    8. Buat papan visi. Jika masa depan tampak besar dan menakutkan, cobalah mengubah pikiran-pikiran Sobat tentang apa yang ada di depan itu. Kadang-kadang tindakan hanya menetapkan tujuan konkret ke tepi kecemasan tentang masa depan yang belum diketahui. Sempatkanlah untuk membuat papan visi yang menciptakan proyek dan kemungkinan mengenai kegembiraan Sobat yang akan datang. Bagi mereka yang bukan tipe terampil, bisa mencoba untuk membuat sebuah papan visi elektronik dengan menggunakan aplikasi Pinterest untuk beberapa Pinspiration. Sambil membuat papan, pertimbangkanlah: Apakah pemikiran saya benar, membantu, inspiratif, perlu dan baik? Jika tidak, membuang pikiran itu.
    9. Menulis surat. Saat Sobat sedang merasa gembira, tulislah sebuah surat pada diri sendiri yang menceritakan tentang kegembiraan Sobat. Begitu pula saat Sobat cemas, lakukan hal yang sama kemudian bacalah surat kegembiraan Sobat yang pernah Sobat buat. Secara ajaib, hal itu akan membuat Sobat merasa lebih baik. Cara ini pun bisa terbilang sebagai hal yang sepele namun menarik untuk dicoba dalam mengatasi stress.
    10. Mengalihkan pikiran. Sobat cukup mengalihkan perhatian atau pikiran Sobat terhadap hal-hal yang menyenangkan dan menjauhkan Sobat dari rasa cemas berkepanjangan. Hal umum ini juga bisa dipertimbangkan dalam mengatasi stress
    11. Berdiam diri. Jangan salah mengartikan tips yang satu ini. Berdiam diri yang dimaksud disini bukanlah menyendiri, tetapi menjauhkan diri dari kesibukan-kesibukan yang biasa Sobat temukan dari kehidupan sobat. Pendek kata, mengasingkan diri dari keributan aktivitas-aktivitas kehidupan. Rencanakan waktu saat Sobat benar-benar tidak aktif. Mulailah dengan penambahan waktu secara berkelanjutan dan sesuaikan dengan keperluan Sobat, meskipun hanya lima menit. Jadi jangan lakukan ini secara terus menerus, sementara saja saat Sobat benar-benar membutuhkannya. Hal tersebut bisa berupa mematikan ponsel, tidak ada email, tidak ada TV, tidak ada berita, tidak ada hal apaun. Biarkan orang lain tahu bahwa mereka tidak akan dapat mencapai Sobat sehingga Sobat dapat terbebas dari rasa khawatir. Ada beberapa bukti bahwa terlalu banyak kebisingan dapat meningkatkan tingkat stress kita. Jadwalkan beberapa waktu untuk berdiam diri di antara semua kebisingan kehidupan sehari-hari.
    12. Berkeringat. Segala sesuatu yang berhubungan dengan aktifitas fisik dan menjaga Anda untuk tetap berkeringat juga ampuh mengatasi perasaan cemas yang Sobat alami.
    13. Visualisasikan sesuatu yang positif. Ketika Sobat dihadapkan pada pikiran-pikiran cemas, luangkan waktu untuk memvisualisasikan diri Sobat menangani situasi dengan tenang, mudah, dan jelas. Cobalah untuk tidak memperhatikan kondisi mental saat ini, hanya fokus pada perasaan smooth-sailing saat melalui badai. Teknik ini disebut "guided imagery" atau "guided visualization" dan dapat membantu mengurangi perasaan stres.
    14. Mencium bau sesuatu yang menenangkan. Cobalah untuk mencium beberapa wewangian yang menenangkan. Basil, anise, dan chamomile adalah pilihan yang tepat.Mereka dapat mengurangi ketegangan dalam tubuh dan membantu meningkatkan kejernihan mental.
    15. Hang out. Orang-orang yang memiliki banyak dukungan sosial cenderung bereaksi lebih negatif terhadap stres daripada mereka yang sukamenyendiri. Itu mungkin karena bersosialisasi merangsang produksi hormon oksitosin, yang memiliki efek untuk mengurangi kecemasan. Jadi pada saat keanehan muncul di cakrawala, ajaklah beberapa teman untuk berjalan-jalan atau hanya mengobrol seadanya.
    Sekian 15 tips yang Opedi rangkum kedalam 15 CARAMUDAH UNTUK MENGALAHKAN stress dan KECEMASAN. Semoga dapat membantu.

    Tidak ada komentar

    Opedi memerlukan kritik dan saran dari sobat Opedi demi kelangsungan blog ini.
    Buat yang sekadar ingin komentar dipersilahkan.
    Budidayakan berkomentar dengan perkataan yang baik.

    Advertisement