GRID_STYLE
TRUE

Breaking News

latest

Advertisement

Tips Mengobati Cantengan

Tips Mengobati Cantengan - OnePedia   Cantengan , hal yang bisa jadi membuat sobat merasa tidak nyaman dalam beraktifitas. Ada beberap...

    Tips Mengobati Cantengan - OnePedia 

    Cantengan, hal yang bisa jadi membuat sobat merasa tidak nyaman dalam beraktifitas. Ada beberapa cara untuk mengatasi cantengan 

    Halo sobat Opedi, bagaiamana kabar sobat kali ini? Luar biasa ya pastinya, apa biasa di luar? upss...jadi ngelantur deh. Stop ngelanturnya, maaf ya sobat sekadar intermeso sedikit biar ga kebawa serius kebangetan. Oke kali ini Opedi akan memberi kabar gembira buat sobat Opedi yang sekarang ini sedang menderita cantengan. Wah apa itu cantengan? Bisa Sobat baca artikel-artikel tentang "Penyakit Cantengan." Bagi sobat yang sudah mengetahui bisa dilanjut ke tips-tips pengobatan cantengan. Setelah klak-klik sana-sini kayanya ada yang pas ngena banget nih tipsnya, yuk disimak.


    Perendaman dengan Air hangat

    Pengobatan bisa dilakukan dengan cara merendam kuku yang terkena cantengan dengan air hangat bercampur garam  selama 15 menit lakukan sebanyak dua atau tiga kali sehari. Perendaman akan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit sehingga dapat membantu penyembuhan.

    Cara ini merupakan langkah awal mengatasi cantengan ketika cantengan tersebut baru mulai dengan tanda-tanda terasa sakit daerah sekitar kuku, teraba hangat, kemerahan dan bengkak, teraba keras.

    Jadi buat sobat yang kiranya menemui pertanda cantengan akan datang menerkam pada kuku sobat, sobat bisa ambil langkah ini sebagai tindakan siaga 1 sebelum cantengan melakukan gencatan senjata. 

    Krim Antibiotik

    Krim antibiotik topikal, contohnya krim Gentamisin dan Klindamisin, yang dioleskan pada daerah yang terinfeksi dapat menyembuhkan cantengan ringan. Terkadang Cantengan yang lebih berat memerlukan antibiotik oral jika perendaman dengan air hangat dan antibiotik topikal saja tidak cukup untuk mengobati infeksi.
    Cara ini bisa sobat jadikan alternatif lain dari cara yang pertama.

    Insisi dan Drainase
    Cara ini dilakukan untuk kuku cantengan yang sudah bernanah, dimana cairan nanah tertahan di bawah kulit atau di bawah kuku yang terasa sakit berdenyut, ngenyut atau nyut-nyutan, bengkak dan teraba lunak (fluktuasi + ).

    Untuk menghindari rasa sakit, Bila diperlukan dilakukan pembiusan lokal dengan teknik blok anastesi terlebih dahulu. Kemudian, buatlah sayatan kecil “insisi” pada permukaan kulit yang bernanah, tentunya menggunakan alat-alat yang steril kemudian cairan nanah dikeluarkan dan dibiarkan mengalir “drainase” (jangan langsung ditutup luka sayatannya sampai beberapa hari).

    Sebaiknya cara ini dilakukan oleh profesional, dokter misalnya. Karena apabila tidak ditangani dengan benar malah membuat infeksi makin menyebar.

    Wah...kalo ini sih tingkatannya sudah mencapai cantengan stadium bahaya nih... 

    Nah itu dia tips-tips mengobati cantengan yang bisa sobat coba. Buat sobat yang saat ini menderita cantengan jangan pernah menyerah. Dengan membaca artikel ini berarti sobat sudah selangkah lebih maju untuk menyelesaikan masalah. Jangan berhenti mencoba, mencari, dan belajar selama itu positif. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

    Tidak ada komentar

    Opedi memerlukan kritik dan saran dari sobat Opedi demi kelangsungan blog ini.
    Buat yang sekadar ingin komentar dipersilahkan.
    Budidayakan berkomentar dengan perkataan yang baik.

    Advertisement