GRID_STYLE
TRUE

Breaking News

latest

Advertisement

5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Memelihara Kehamilan

5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Memelihara Kehamilan - One Pedia View in English pada kenyataannya menjadi seorang ibu h...

    5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Memelihara Kehamilan - One Pedia


    5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Memelihara Kehamilan - One Pedia


    pada kenyataannya menjadi seorang ibu hamil tidaklah semudah yang dibayangkan.

    Kehamilan adalah suatu hal yang ditunggu-tunggu bagi pasangan suami-istri terutama bagi pihak wanita sebagai calon ibu yang secara langsung mengalaminya. Sebagai seorang calon ibu tentu menginginkan bayi yang sehat, lucu, dan pintar. Namun pada kenyataannya menjadi seorang ibu hamil tidaklah semudah yang dibayangkan. Yang diharapakan hanyalah kondisi ibu dan bayinya yang sehat selama masa kehamilan sampai kepada masa melahirkan. Untuk membantu dalam terciptanya harapan tersebut penulis mencoba menyampaikan 5 hal yang penulis rangkum dari beberapa artikel sebelumnya. berikut 5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Memelihara Kehamilan

    Pertama, Senam Hamil
    Kebanyakan seorang ibu hamil akan malas bergerak. Hal ini tidak disarankan karena nanti pada saat melahirkan otot dan saraf akan sangat berperan dalam prosesnya. Untuk itu diperlukan latihan agar otot-otot dan saraf tersebut dapat melakukan tugasnya dengan baik. Lalu bagaimana cara melatihnya? Sementara beban dalam perut teramat berat. Dari informasi yang penulis dapat ada sebuah program senam hamil. Mungkin program ini dapat membantu permasalahan di atas.

    Program senam hamil ini telah dirancang oleh para ahli yang akan menjaga kondisi badan agar lebih sehat dan nyaman selama masa kehamilan. Gerakan-gerakannya pun hampir mirip dengan senam yoga. Adapun manfaat dari senam hamil ini selain melatih otot dan saraf adalah dapat mengurangi frekuensi buang air kecil. Ini bisa penulis katakan unik, disebutkan bahwa ada beberapa gerakan dalam senam tersebut yang dapat memperkuat urat ginjal. Dari keterangan informasi yang ada bahwa wanita hamil cenderung akan sering buang air kecil. Tentu hal tersebut akan mengurangi kenyamanan bagi para ibu hamil. Dengan senam hamil, para ibu hamil bisa mengurangi ketidaknyamanan tersebut.

    Dari keterangan di atas dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengambil program senam hamil dan temukan manfaat lainnya dari senam hamil ini.

    Kedua, Merawat Gigi
    Mungkin Anda akan bertanya-tanya setelah membaca judul tips yang kedua ini. Apa hubungannya kehamilan dengan gigi? Berikut ulasannya.

    Meski sedikit membingungkan hal ini ternyata harus menjadi perhatian serius oleh para ibu hamil. Pada sebagian wanita, dampak kehamilan dapat berakibat pada gangguan organ oral. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormone yang besar. Gangguan organ oral tersebut dapat berupa pelunakan jaringan gusi sehingga gusi mudah berdarah (gingivitis), terutama di usia kehamilan 2 sampai 8 bulan.  Adapun beberapa riset yang menunjukkan pentingnya merawat gigi selama masa kehamilan.

    Hasil riset yang dipublikasikan oleh National Institute of Dental and Craniofacial Amerika tahun 2008 silam menunjukkan bahwa 18% wanita hamil mengalami gangguan ini.”

    “American Dental Hygienists Association menyebutkan bahwa 18% bayi yang lahir prematur memiliki ibu yang mengalami kerusakan gigi. Juga disebutkan bahwa salah satu jenis bakteri P. gingivalis mampu menghasilkan racun berbahaya, dan jika telah mencapai plasenta, racun ini dapat menghambat pertumbuhan janin dalam Rahim.”

    Mengerikan bukan? Jika Anda ingin menghindari hal ini amalkanlah untuk selalu merawat gigi bagi ibu hamil dengan baik dan benar.

    Ketiga, Menghindari Olahraga yang Tidak Dianjurkan
    Dengan membaca judul tips nya saja kita tentu sudah tahu olahraga apa saja itu. Ya, olahraga tersebut diantaranya skipping, full sits up, sikap lilin, menunggang kuda, roller blading, sprint, dan olahraga yang menuntut kontak tubuh seperti softball, sepak bola, futsal, basket, voli, dan sebagainya. Di luar ibu hamil seorang yang melakukan olahraga ini bisa saja merasa lelah, jika ada seorang ibu hamil yang juga melakukannya, itu sama saja bunuh diri. Secara umum ibu hamil rata-rata malas bergerak, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada juga ibu hamil yang melakukan rutinitas ini. Memang secara fisik yang dilakukan tidak terlihat seperti olahraga yang disebutkan di atas namun ada sedikit gerakan yang sebenarnya mirip dengan olahraga yang telah di sebutkan di atas seperti menahan nafas, memutar pinggang dan pinggul selagi berdiri, mengganti posisi dengan cepat, bertumpu pada lutut dalam waktu lama, duduk dengan kaki diluruskan kemudian menyentuh lutut, dan berbaring dengan bertumpu pada punggung atau sisi kanan tubuh selama lebih dari 3 menit. Olahraga seperti itu sangat tidak dianjurkan.

    Keempat, Konsumsi makanan bergizi
    Tips yang keempat ini sudah tidak dapat diragukan lagi, bagi kebutuhan apapun sudah menjadi mutlak untuk dipenuhi jika Anda menginginkan hasil yang optimal bagi kesehatan. Yang harus diperhatikan adalah kebutuhan gizinya yang seimbang. Gizi memadai namun tidak seimbang akan berakibat pada gangguan kesehatan. Biasanya kebutuhan kalori ibu hamil dan nutrisi kehamilan meningkat sekitar 45% dari keadaan sebelum hamil. Jumlah kalori yang diperlukan ibu hamil selama masa kehamilan adalah sekitar 2500 kalori perhari. Jumlah tersebut akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan tersebut diharapkan ibu hamil mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, asam folat, dan mineral. Konsultasikan ke dokter untuk kebutuhan kadar gizi tersebut agar sesuai dengan perkembangan janinnya.

    Kelima, Hindari Kebiasaan Merokok
    Tips terakhir yang sangat penting untuk diperhatikan. Empat tips sebelumnya akan menjadi sia-sia jika ternyata kebiasaan merokok masih melekat pada ibu hamil. Seorang peneliti dari rumah sakit Providence, Michigan menyatakan bahwa merokok merupakan penyebab nomer satu dalam lahirnya bayi dengan kondisi buruk, seperti lahir prematur, bayi yang lahir terlalu kecil atau bayi meninggal sebelum dilahirkan. Bagaimana? Masih berminat untuk merokok? Atau menyelamatkan bayi Anda? Pilihan ada ditangan Anda para ibu hamil.

    Itu dia beberapa hal yang bisa Opedi sampaikan terutama bagi ibu hamil yang saat ini sedang menantikan kelahiran bayinya. Mohon agar diperhatikan sehingga artikel ini dapat menjadi berguna.

    Tidak ada komentar

    Opedi memerlukan kritik dan saran dari sobat Opedi demi kelangsungan blog ini.
    Buat yang sekadar ingin komentar dipersilahkan.
    Budidayakan berkomentar dengan perkataan yang baik.

    Advertisement