True
GRID_STYLE
TRUE

Breaking News

latest

Advertisement

iPhone 15: Kekhawatiran Terungkap! Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang Perubahan USB-C

iPhone 15: Kekhawatiran Terungkap! Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang Perubahan USB-C Ilustrasi iPhone 15 dengan dukungan USB-C, sumber fot...

    iPhone 15: Kekhawatiran Terungkap! Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang Perubahan USB-C


    iPhone 15: Kekhawatiran Terungkap! Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang Perubahan USB-C [ One Pedia - OnePedia.Web.Id ]
    Ilustrasi iPhone 15 dengan dukungan USB-C, sumber foto: Nextren

    OnePedia.Web.Id - Pengguna iPhone di seluruh dunia saat ini sedang dalam debat serius, sejak pengumuman resmi iPhone 15 yang menghadirkan perubahan yang cukup mencolok. Dalam laporan eksklusif, seorang ahli gadget terkemuka bernama Stephen Shankland telah mengungkapkan sisi buruk dari port USB Type C yang diadopsi oleh iPhone 15, mengundang pertanyaan, "Apakah ini saat yang tepat untuk membelinya?"

    Seperti yang diharapkan oleh banyak kalangan, iPhone 15 akhirnya diluncurkan dengan port USB-C yang menggantikan konektor Lightning yang telah lama menjadi standar. Keputusan ini tampaknya menjadi satu langkah besar menuju standar yang lebih universal, namun apakah semuanya sebaik yang terlihat?

    Port USB-C pada iPhone 15 tidak hanya berfungsi sebagai pengisi daya, tetapi juga memiliki performa yang impresif dalam mentransfer data. Diketahui bahwa pengguna dapat menikmati kecepatan transfer hingga 480 megabit per detik. Namun, patut dicatat bahwa ini adalah kecepatan yang sama dengan standar USB 2.0 yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000.

    Apa yang menjadi sorotan adalah kebijakan Apple dalam mengungkapkan seberapa cepat sebenarnya port USB-C pada iPhone 15. Saat acara peluncuran pada tanggal 12 September 2023, Apple secara mencolok menghindari memberikan informasi tentang kecepatan port ini kepada pengguna.

    Namun, dalam lembar spesifikasinya, Apple hanya menyebut bahwa port USB-C pada iPhone 15 adalah USB 2.0 yang dianggap lambat. Sebaliknya, model iPhone 15 Pro disebutkan akan bekerja pada kecepatan luar biasa 10Gbps, yang jelas lebih unggul dibandingkan dengan USB 3.0.

    Meskipun USB-C terlihat sangat menjanjikan dari segi teori, namun dalam praktiknya, ada beberapa kekhawatiran yang perlu diatasi. Harus diakui bahwa konektor USB-C sendiri cukup baik dan jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan pendahulunya, konektor Lightning. Selain itu, kemampuan USB-C untuk bisa dipasang dengan kedua sisi menjadikannya pilihan yang praktis.

    Masalah utamanya muncul dari sisi pengguna. Seperti yang telah dikenal, kabel Lightning bukanlah barang murah. Di pasaran saat ini, kabel USB Type C yang kompatibel dengan iPhone 15 dijual dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah, tergantung pada kecepatan yang diinginkan.

    Ini menjadi permasalahan bagi pengguna yang telah menginvestasikan sejumlah besar uang untuk aksesoris resmi Apple yang dirancang untuk digunakan dalam jangka panjang. Namun, dengan tiba-tiba, iPhone 15 mengadopsi jenis koneksi yang berbeda, memaksa pengguna untuk mempertimbangkan pengeluaran tambahan untuk membeli kabel USB Type C yang sesuai.

    Dalam situasi seperti ini, pengguna iPhone harus mempertimbangkan dengan matang apakah perubahan menuju USB-C di iPhone 15 layak atau tidak. Kecepatan transfer yang dijanjikan tentu menarik, tetapi kenyataan harga aksesori mungkin membuat banyak orang berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk membeli iPhone 15. Semuanya tergantung pada seberapa penting kecepatan transfer data dan kenyamanan konektivitas yang lebih universal bagi Anda.

    Tidak ada komentar

    Opedi memerlukan kritik dan saran dari sobat Opedi demi kelangsungan blog ini.
    Buat yang sekadar ingin komentar dipersilahkan.
    Budidayakan berkomentar dengan perkataan yang baik.

    Advertisement