True
GRID_STYLE
TRUE

Breaking News

latest

Advertisement

Berita Terbaru: "Taipan Indonesia Menggemparkan IKN dengan Proyek Megah, Hotel Hingga Taman Safari!"

Berita Terbaru: "Taipan Indonesia Menggemparkan IKN dengan Proyek Megah, Hotel Hingga Taman Safari!" © Copyright (c) 2016 TEMPO.CO...

    Berita Terbaru: "Taipan Indonesia Menggemparkan IKN dengan Proyek Megah, Hotel Hingga Taman Safari!"

    Berita Terbaru: "Taipan Indonesia Menggemparkan IKN dengan Proyek Megah, Hotel Hingga Taman Safari!" [ One Pedia - OnePedia.Web.Id ]
    © Copyright (c) 2016 TEMPO.CO

    OnePedia.Web.Id - Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur - Sebuah tonggak sejarah baru tercipta dalam pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara saat Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, meresmikan pembangunan Hotel Nusantara yang mewah di Penajam Paser Utara pada Kamis, 21 September 2023. Hotel bintang lima ini diinisiasi oleh para taipan Indonesia, yang telah menyuntikkan dana besar dalam proyek ini.

    Dalam pidatonya yang memikat, Jokowi menyampaikan penghargaannya kepada para investor yang telah berkontribusi. Ia optimis bahwa pembangunan hotel ini akan meningkatkan kepercayaan dan minat investor, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, untuk berinvestasi di IKN. "Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Aguan dan kolega-kolega yang turut hadir hari ini. Ini memberikan keyakinan dan kepercayaan kepada Nusantara bahwa para investor sangat tertarik," ucapnya.

    Namun, Hotel Nusantara bukanlah satu-satunya proyek yang tengah digarap oleh para taipan Indonesia di IKN. Berdasarkan presentasi Rencana Kerja dan Anggaran Otorita Ibu Kota Nusantara Tahun Anggaran 2023 yang dibahas dalam rapat bersama Badan Anggaran DPR RI pada Senin, 18 September 2023, Agung Sedayu Group yang diwakili oleh pendirinya, Sugianto Kusuma atau Aguan, telah ditunjuk sebagai Ketua Konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) IKN.

    Konsorsium PMDN ini juga melibatkan beberapa pengusaha terkemuka Indonesia, seperti Anthony Salim (Salim Group), Budi Hartono (Grup Djarum), Boy Thohir dan Theodore Permadi Rachmat (Adaro Group), Eka Tjandranegara (Mulia Group), Franky Wijaya (Sinarmas Group), Prajogo Pangestu (Barito Pacific), Pui Sudarto (Pulau Intan), Soeryadjaya (Grup Astra International), serta William Katuari (Wings Group). Di samping mereka, ada juga Djoko Susanto, pemilik Alfamart, Kuncoro Wibowo, pemimpin Kawan Lama Group atau Ace Hardware, dan Agnus Suryadi, Chairman Vasanta Group (PT Sirius Surya Sentosa).

    Tentang proyek-proyek yang tengah dikerjakan, Jokowi mengungkapkan bahwa IKN akan segera memiliki berbagai infrastruktur penting, termasuk rumah sakit, hotel, universitas, taman safari, dan pusat latihan sepak bola untuk PSSI. Pusat latihan sepak bola ini akan dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektar dan membutuhkan investasi sebesar Rp85,6 miliar dari FIFA dan Rp95 miliar dari pemerintah.

    Jokowi telah bersama-sama dengan para pengusaha melakukan groundbreaking Rumah Sakit Abdi Waluyo di Penajam Paser Utara pada Jumat, 22 September 2023. Ini merupakan rumah sakit pertama yang dibangun di kawasan IKN, dan investasinya mencapai Rp 2 triliun. Pemilik rumah sakit ini adalah Sutrisno Tono Subagyo, dengan 91 persen saham dimiliki oleh PT Bhakti Husada. Diharapkan rumah sakit ini akan memiliki sekitar 400 kamar perawatan dan melayani perawatan subspesialis dengan nilai investasi sebesar Rp2 triliun.

    Selain itu, groundbreaking juga telah dilakukan untuk Hotel Vasanta, meskipun Jokowi tidak merinci siapa investor di balik proyek ini. Namun, ia mengkonfirmasi bahwa pembangunan di IKN adalah hasil kerja sama antara pemerintah dan sektor swasta.

    Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, sebelumnya menyatakan bahwa pengusaha-pengusaha terkemuka Indonesia, seperti Agung Sedayu Group dan Salim Group, telah memulai pembangunan fasilitas seperti hotel dan restoran di IKN. "Mereka telah memulai beberapa pembangunan, seperti hotel, restoran, dan ruang pertemuan pada bulan September," katanya.

    Bahlil menegaskan bahwa para konglomerat Indonesia akan membangun berbagai fasilitas, termasuk hotel, restoran, dan mal. Hal ini menandai langkah besar dalam perkembangan IKN yang semakin menggairahkan, menarik minat para investor, dan menjadikan IKN sebagai destinasi unggulan yang tidak boleh dilewatkan dalam peta investasi global.

    Sumber: Tempo

    Tidak ada komentar

    Opedi memerlukan kritik dan saran dari sobat Opedi demi kelangsungan blog ini.
    Buat yang sekadar ingin komentar dipersilahkan.
    Budidayakan berkomentar dengan perkataan yang baik.

    Advertisement