GRID_STYLE
TRUE

Breaking News

latest

Advertisement

Mengatasi Masalah Gagal Login User Profile pada Windows 7

Solusi pesan galat (error) "The User Profile Service failed to logon. User profile cannot be loaded." pada windows 7 ...

    Solusi pesan galat (error) "The User Profile Service failed to logon. User profile cannot be loaded." pada windows 7

    Beberapa hari yang lalu Opedi menerima keluhan dari salah satu sobat Opedi yang mengalami masalah tidak bisa login Windows 7.  Karena penasaran langsung saja dilakukan cek dan ternyata memang benar tidak bisa logon ke user profile yang dimaksud. Terdapat pesan error seperti ini “The User Profile Service failed to logon. User profile cannot be loaded.” Pada saat itu memang tidak ada pilihan lain selain shutdown atau restart. Setelah windows direstart ternyata tidak menemukan tiik terang. Tak menyerah penulis melakukan searching di google dan alhamdulillah menemukan sedikit titik terang. Penulis menemukan salah satu artikel yang kebetulan menawarkan solusi untuk masalah ini dengan memberikan langkah-langkah sebagai berikut:
    1. Restart Windows sobat, tekan F8 untuk masuk ke Safe Mode.
    2. Buka ke registry editor, caranya ketik regedit pada Start Menu > Search kemudian Enter.
    3. Kemudian eksplore ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\ProfileList


    4. Terdapat dua folder SID key (S-1-5) diikuti dengan nomor panjang yang sama persis. (dengan akhiran .bak dan tanpa akhiran .bak), lakukan seperti berikut:
      • Klik kanan dan pilih rename pada folder tanpa .bak, tambahi akhiran .bk pada folder tersebut.
      • Klik kanan dan pilih rename pada folder yang berakhiran .bak, buang akhiran .bak
    5. Pilih folder tanpa .bak, pada panel sebelah kanan dobel klik RefCount dan ketik 0 (baca angka nol)  pada value data kemudian klik OK.
    6. Seperti langkah 5, pada folder tanpa .bak, pada panel sebelah kanan dobel klik State dan ketik 0 (baca angka nol)  pada value data kemudian klik OK.
    7. Jika sudah, tutup registry editor kemudian Restart Windows dan login seperti biasa.
    Sebenarnya ada cara lain selain cara di atas, yaitu setelah masuk user profile lain (level Administrator) atau masuk Safe Mode tinggal buat user profile lain dan copy semua file user yang tidak bisa di load ke user profile baru. Namun cara ini menurut saya malah ribet dan lebih lama.

    NB: Jika mendapatkan masalah pada Windows apapun itu jangan terburu-buru repair atau instal ulang, cari solusi yang lebih tepat dan efisien.

    Sekian dulu yang dapat Opedi share kepada sobat sekalian semoga bermanfaat.

    Tidak ada komentar

    Opedi memerlukan kritik dan saran dari sobat Opedi demi kelangsungan blog ini.
    Buat yang sekadar ingin komentar dipersilahkan.
    Budidayakan berkomentar dengan perkataan yang baik.

    Advertisement